Cara menanam bunga mawar di pot, paling mudah

cara menanam bunga mawar

 

Cara menanam bunga mawar di pot dapat kita lakukan dengan metode stek, karena cara stek ini banyak digunakan oleh para petani dalam membudidayakan bunga mawar. Cara menanam bunga mawar dengan stek akan lebih mudah dilakukan dan tingkat keberhasilannya tinggi jika dibandingkan dengan menanam bunga mawar dengan menggunakan cara lainnya. Untuk dapat mencoba cara menanam bunga mawar dengan cara stek dan dengan keberhasilan tinggi merupakan cara yang paling mudah kita lakukan, maka kita dapat mengikuti langkah langkah berikut yang dapat digunakan sebagai panduan dalam membudidayakan bunga mawar.

Bunga mawar banyak disukai oleh masyarakat khususnya para wanita karena bentuk bunganya yang indah dengan berbagai macam warna bunganya serta mempunyai aroma yang harum. Bunga mawar banyak digunakan untuk bermacam macam acara dan dapat juga digunakan sebagai campuran untuk perawatan kecantikan.

Baca juga : Cara menanam bunga matahari di pot, paling mudah

Supaya tanaman bunga mawar kita dapat tumbuh dengan baik maka kita perlu mempelajari bagaimana cara menanam bunga mawar dengan benar. Meskipun cara menanam bunga mawar di pot ini sebenarnya tidak terlalu sulit, namun demikian dalam menanam bunga mawar diperlukan kemauan yang kuat untuk terus belajar. Mengapa demikian? hal ini disebabkan karena dalam proses menanam bunga mawar memerlukan perawatan yang khusus. Kita harus menjaga kebutuhan nutrisi dan kebutuhan air yang cukup dari tanaman bunga mawar ini, supaya tanaman bunga mawar dapat tumbuh subur.

Berikut langkah-langkah yang dapat kita lakukan untuk melakukan budidaya bunga mawar di pot, paling mudah dan dengan tingkat keberhasilan bagus :

Cara menanam bunga mawar dan persiapan bibit bunga mawar

persiapan bibit bunga mawar dengan cara stek
bibit bunga mawar dengan stek

Tahapan awal sebelum kita memulai menanam bunga mawar maka kita harus mempersiapkan bibit bunga mawar yang berkualitas bagus, supaya nantinya tanaman bunga mawar dapat tumbuh subut dan dapat berkembang dengan baik. Jika kita akan menanam bunga mawar dari bibit maka kita dapat membeli bibit bunga mawar di toko pertanian dan pilihlah bibit bunga mawar yang bagus dan yang tidak terdapat tanda tanda terkena penyakit.

Namun jika kita akan melakukan pembibitan sendiri maka kita dapat mencoba menanam bunga mawar dengan menggunakan stek. Untuk menanam bunga mawar dengan menggunakan stek maka kita dapat memilih batang bunga mawar yang sudah cukup tua dan potong batang tersebut dengan menggunakan pisau bersih, kira kira sepanjang 10 cm. Kemudian kita siapkan tempat untuk semai. Tempat media semai dapat menggunakan polibag maupun pot yang sudah kita isi dengan campuran pupuk kandang dan tanah dengan perbandingan 2 : 1. Polibag atau pot yang sudah terisi media tanam, sebaiknya dibiarkan terlebih dahulu selama 15 hari sebelum tempat media tanam tersebut digunakan untuk menyemai.

Media semai yang sudah siap, untuk selanjutnya dapat kita buatkan lubang dengan kedalaman 3 s/d 4 cm, kemudian tanam batang bunga mawar kedalam lubang tadi secara perlahan, supaya tidak merusak kulitnya dan lanjutkan dengan menutup menggunakan media tanam lagi. Kemudian media tanam yang sudah ditanam stek batang bunga mawar tadi, sebaiknya diletakkan ditempat yang tidak terkena sinar matahari dan hujan secara langsung.

Cara menanam bunga mawar dan persiapan media tanam

Media tanam yang akan kita buat adalah campuran dari pupuk kandang, pasir dan tanah dengan perbandingan 1 : 4 : 4. Kemudian aduk media tanam yang kita buat tadi sampai tercampur rata dan biarkan terlebih dahulu selama kira kira 15 hari, sebelum media tanam tersebut kita gunakan untuk menanam. Sebaiknya kita menggunakan pupuk kandang yang sudah difermentasi atau pupuk yang sudah matang.

Pot yang kita pilih untuk menanam bunga mawar sebaiknya menggunakan pot yang terbuat dari tanah, karena pot yang terbuat dari tanah mempunyai drainase yang lebih baik dibandingkan dengan jenis pot lainnya. Untuk ukuran potnya, sebaiknya kita dapat memilih sesuai dengan kebutuhan kita. Sebaiknya kita jangan menggunakan pot yang terlalu kecil karena pot yang terlalu kecil akan mengganggu pertumbuhan tanaman bunga mawar sehingga tidak bisa berkembang dengan baik. Ukuran pot yang disarankan minimal berdiameter 25 cm.

Cara menanam bunga mawar dan proses menanam

menanam bunga mawar di pot

Setelah proses pembibitan bunga mawar sudah mulai tumbuh tunasnya maka kita mulai dapat memindahkannya ke media tanam di pot yang sudah kita persiapkan sebelumnya. Sebelum pot kita isi dengan media tanam maka lapisan pertama sebagai dasarnya dapat kita isi dengan batu kecil kecil, kerikil maupun pecahan genting. Hal ini berfungsi sebagai drainase untuk mengeluarkan air, supaya media tanam tidak tergenang oleh air ketika disiram karena air yang menggenang dapat  menyebabkan tanaman bunga mawar mati karena akarnya membusuk.

Setelah bagian dasar diisi dengan kerikil, batu kecil kecil atau genting maka lapisan kedua dapat diisi dengan media tanam yang terdiri dari campuran dari tanah, pasir dan pupuk kandang yang sudah tercampur rata dan sudah dibiarkan selama 15 hari. Masukkan bibit mawar dengan posisi ditengah pot, kemudian tutup lagi dengan media tanam sampai pot penuh.

Tekan media tanam secara perlahan supaya bibit batang bunga mawar bisa berdiri dengan tegak dan kokoh, kemudian siramlah media tanam dengan air untuk melembabkan media tanam. Letakkan pot ditempat yang tidak terkena sinar matahari secara langsung kira kira 1 minggu sampai tanaman bunga mawar siap untuk mendapatkan sinar matahari secara langsung.

Cara menanam bunga mawar dan perawatan serta pemeliharaannya

Supaya tanaman bunga mawar dapat tumbuh dengan subur maka dibutuhkan pemeliharaan dan perawatan yang baik. Beberapa perawatan yang harus kita lakukan adalah dengan melakukan penyiangan terhadap tanaman liar yang mengganggu tanaman bunga mawar, melakukan penyiraman secara teratur 1 atau 2 kali dalam sehari. Penyiraman yang kita lakukan dapat disesuaikan dengan kondisi media tanam dan jangan menyiram tanaman bunga mawar secara berlebihan karena kondisi media tanam yang becek akan menyebabkan akar tanaman bunga mawar dapat membusuk sehingga bisa menyebabkan tanaman bunga mawar kita mati.

Supaya tanaman bunga mawar dapat tumbuh dengan subur maka kita harus memenuhi kebutuhan unsur hara, karena unsur hara ini merupakan sumber nutrisi bagi tanaman bunga mawar. Dalam memberikan tambahan pupuk maka kita bisa menggunakan pupuk kandang dengan cara menaburkan pupuk kandang disekitar tanaman, dan jangan sampai pupuk kandang tersebut menyentuh batang tanaman bunga mawar secara langsung.

Perawatan selanjutnya adalah dengan memberikan pupuk kandang atau pupuk NPK. Caranya dengan melarutkan pupuk kedalam air dengan ukuran 1 sendok NPK untuk setiap 5 liter air. Cara penggunaannya yaitu dengan dikocorkan ketanaman bunga mawar , setiap tanaman bunga mawar dapat diberikan 200 ml dan pemupukannya  dapat kita lakukan setiap 15 s/d 20 hari sekali.

Demikianlah cara menanam bunga mawar di pot paling mudah yang dapat kita lakukan sendiri dikebun rumah kita, cara termudah mudah dan keberhasilannya tinggi maka gunakanlah cara stek untuk memulai menanam bunga mawar. Jika kita mempunyai sisa ampas teh, air cucian beras maka keduanya dapat kita manfaatkan sebagai pupuk organik untuk tanaman bunga mawar kita. Cara penggunaan ampas teh dapat kita taburkan pada sekeliling tanaman bunga mawar, dan untuk air cucian beras dapat kita siramkan atau semprotkan kedaun tanaman bunga mawar. Silahkan mencoba praktekkan untuk membudidayakan bunga mawar ini, semoga berhasil.