Cara menanam bunga wijaya kusuma supaya cepat berbunga

cara menanam bunga wijaya kusuma

Bagaimana cara menanam bunga wijaya kusuma supaya cepat berbunga, semua tahap tahapannya akan kita bahas satu persatu supaya mudah untuk dipahami sehingga dapat dicoba oleh pemula. Bunga wijaya kusuma ini sangat unik karena bunganya hanya mekar pada malam hari dan mekarnyapun tidak terlalu lama, mekarnya hanya beberapa saat saja, sehingga bunga wijaya kusuma sering dijuluki dengan nama sang ratu malam. Bunga wijaya kusuma akan mekar secara total pada tengah malam yaitu sekitar jam 00.00 waktu setempat.

Bunga wijaya kusuma merupakan salah satu jenis tanaman kaktus yang berasal dari Amerika tropika yaitu Venezuela dan Caribia, nama latinnya adalah Epiphyllum anguliger. Kita dapat membedakan antara daun dan batangnya dengan jelas setelah tanaman bunga wijaya kusuma ini sudah berusia tua. Tanaman bunga wijaya kusuma dapat hidup dengan baik di daerah yang beriklim sedang sampai dengan iklim tropis, dan membutuhkan tanah yang subur serta pemeliharaan yang benar.

Ketinggian dari tanaman bunga wijaya kusuma bervariasi dan ketinggiannya bisa mencapai hingga 2-3 meter, bentuk daunnya pipih dan berwarna hijau dengan panjang daunnya kira kira 13-15 cm. Pada bagian tepi daunnya terdapat lekukan yang akan ditumbuhi tunas daun maupun bunga. Ukuran diameter dari bunga wijaya kusuma sekitar 10 cm dan bunganya berwarna putih.

Manfaat bunga wijaya kusuma

Seperti halnya dengan menanam bunga melati  dimana bunga melati dapat dimanfaatkan untuk kosmetik, campuran teh dan untuk pembuatan minyak wangi. Demikian juga dengan bunga wijaya kusuma, juga dapat digunakan sebagai pereda rasa sakit dan dapat untuk menetralisir pembekuan darah. Cara pembuatannya yaitu dengan menumbuk 1 helai daun wijaya kusuma, kemudian kita oleskan pada bagian luka dan balut dengan perban.

Selain itu, bunga wijaya kusuma dapat digunakan untuk mengobati bisul yaitu dengan cara menempelkan bunga wijaya kusuma pada bagian bisul, dan dapat juga sebagai obat anti radang, obat batuk, untuk mengatasi tuberkulosis paru dengan batuk asma, batuk darah dan muntah darah. (Sumber : Wikipedia).

Jenis bunga wijaya kusuma

Bunga wijaya kusuma ada beberapa macam jenisnya, dimana kita perlu mengetahui satu persatu dari beberapa macam jenis bunga wijaya kusuma tersebut, supaya kita dapat lebih mudah dalam menentukan pilihan jenis bunga wijaya kusuma yang akan kita tanam. Berikut ciri ciri dari beberapa jenis bunga wijaya kusuma tersebut :

  1. Epiphyllum Pumilum

Bunga wijaya kusuma jenis epiphyllum pumilum ini berwarna putih dan agak kekuning kuningan, batangnya berbentuk silinder. Tanaman bunga wijaya kusuma jenis ini dapat tumbuh dengan panjang sekitar 80-150 cm dan mempunyai diameter kira kira 10-15 cm.

  1. Ephyiphyllum Crenatum

Bunga wijaya kusuma jenis ephyiphyllum crenatum, mempunyai daun berwarna hijau keabu abuan, bunganya berwarna putih, beraroma harum dan panjangnya sekitar 18-29 cm serta memiliki diameter 15-20 cm.

  1. Epiphyllum Laui

Bunga jenis epiphyllum laui ini mempunyai diameter sekitar 14-16 cm, dan dapat tumbuh hingga mencapai 30-50 cm serta mempunyai panjang sekitar 15 cm. Bunga wijaya kusuma jenis ini berasal dari Meksiko, dengan bentuk daunnya yang unik karena bentuk daunnya berliku dengan panjang hingga 6-7 cm.

Menanam Bunga Wijaya Kusuma dalam Pot

Tahap selanjutnya, setelah kita mengetahui jenis dan ciri ciri dari tanaman bunga wijaya kusuma secara jelas maka kita dapat menentukan jenis bunga wijaya kusuma yang mana, yang akan kita pilih untuk ditanam. Berikut beberapa tahap yang dapat kita lakukan untuk menanam bunga wijaya kusuma dalam pot :

1. Pembibitan bunga wijaya kusuma

Seperti biasanya sebelum kita mulai menanam maka proses awalnya adalah kita akan melakukan pembibitan terlebih dahulu, demikian juga pada saat kita akan menanam bunga melati, maka akan dilakukan hal yang sama. Begitu juga, ketika kita akan menanam bunga wijaya kusuma maka kita harus melalui proses pembibitan terlebih dahulu. Dalam proses pembibitan, kita bisa menggunakan metode pertama yaitu pemisahan rumpun bibit dari rumpun akar dan memilih bibit dari tanaman induk yang berkualitas bagus. Kita dapat memilih indukan tanaman bunga wijaya kusuma yang berkualitas bagus yaitu indukan yang mempunyai ciri ciri, pertumbuhan indukan yang  subur dan mempunyai ketinggian cukup.

Pembibitan bunga wijaya kusuma dapat juga menggunakan metode kedua yaitu dengan melalui stek batang. Cara stek batang yaitu dengan memotong batang tanaman bunga wijaya kusuma yang sehat dan segar, dengan panjang kira kira 12-18 cm. Batang yang sudah kita potong, kemudian kita angin anginkan terlebih dahulu selama 2-3 hari, baru kemudian bibit bunga wijaya kusuma tersebut dapat ditanam. Kita juga dapat membeli bibit stek di toko tanaman hias apabila kita tidak dapat membuat bibit stek sendiri.

2. Persiapan media tanam

Tanaman bunga wijaya kusuma sangat menyukai media tanam yang subur, bersih dan porous, sehingga kita dapat menggunakan media tanam berupa campuran dari pasir, pupuk kandang, cacahan pakis halus dan tanam humus dengan perbandingan 2:3:1:4 atau bisa juga dengan perbandingan 1:3:2:4. kita juga bisa menggunakan media tanam dengan campuran berupa tanah, sekam dan pupuk organik dengan perbandingan 1:1:1, atau dapat juga menggunakan campuran berupa tanah, pupuk organik, humus dan pasir dengan perbandingan 3:1:1:2.

Aduklah campuran media tanam tadi hingga rata, kemudian masukkan kedalam pot yang sudah kita berikan alas berupa pecahan genting atau kerikil supaya drainase lancar apabila media tanam disiram. Sebaiknya campuran media tanam didiamkan terlebih dahulu selama 24 jam sebelum kita gunakan untuk menanam dan kita dapat menyiram dengan air untuk menjaga kelembaban media tanam tersebut. Pot yang akan kita gunakan adalah pot yang mempunyai ukuran sedang dan mempunyai diameter kira kira 15-30 cm.

3. Proses penanaman bibit

Setelah bibit tanaman bunga wijaya kusuma kita dapatkan dan media tanam sudah siap untuk menanam maka tahap selanjutnya adalah proses penanaman bibit bunga wijaya kusuma. Untuk melakukan proses penanaman bibit bunga wijaya kusuma maka kita membuat lubang tanam tepat ditengah pot, dengan ukuran kedalaman lubang tanam kira kira 5-7 cm atau dapat disesuaikan dengan bibit yang akan ditanam.

Setelah itu, tutup kembali lubang tanam dengan tanah dan padatkan kembali media tanam supaya bibit yang kita tanam kuat dan tidak mudah roboh, apabila kita melakukan penyiraman. Tahap selanjutnya setelah proses penanaman bibit selesai kita lakukan maka kita dapat melakukan penyiraman supaya kondisi media tanam tetap lembab.

4. Perawatan bunga wijaya kusuma

Setelah proses penanaman bibit wijaya kusuma selesai kita lakukan, maka proses selanjutnya kita dapat melakukan perawatan yang benar supaya pertumbuhan tanaman bunga wijaya kusuma dapat lebih otimal. Tanaman bunga wijaya kusuma tidak menyukai kondisi terlalu banyak air, karena air yang menggenang akan menyebabkan tanaman menjadi membusuk. Namun demikian jangan sampai kekurangan air karena kekurangan air akan menyebabkan pertumbuhan tanaman bunga wijaya kusuma menjadi terganggu dan cepat layu.

Perawatan yang baik dan tepat terhadap tanaman bunga wijaya kusuma, akan dapat merangsang pertumbuhan tanaman bunga wijaya kusuma dan tanaman bunga wijaya kusuma menjadi cepat berbunga. Berikut perawatan yang dapat kita lakukan terhadap tanaman bunga wijaya kusuma :

  • Penyiraman

Penyiraman terhadap tanaman bunga wijaya kusuma dapat kita lakukan jika kondisi media tanam sudah kelihatan kering, sehingga kita harus rutin melakukan pengecekan supaya kondisi media tanam tidak terlalu basah dan tidak kering. Dosis air yang akan kita siramkan pada media tanam harus kita atur supaya pas.

  • Pemupukan susulan

Pemupukan terhadap tanaman bunga wijaya kusuma, pertama kali kita lakukan pada saat proses menanam dilakukan dan pemupukan susulan dapat kita lakukan dengan menggunakan pupuk kandang, pupuk kompos maupun pupuk NPK. Tujuan pemupukan susulan ini supaya dapat merangsang pembungaan menjadi cepat dan pemupukan susulan dapat kita lakukan secara rutin setiap 2 bulan sekali, supaya pertumbuhan tanaman bunga wijaya kusuma dapat semakin bagus.

  • Penyiangan

Penyiangan terhadap tanaman bunga wijaya kusuma sebaiknya dilakukan secara rutin, hal ini untuk mencegah tumbuhnya gulma didalam pot yang tentu saja akan mengganggu pertumbuhan dari tanaman bunga wijaya kusuma karena nutrisi yang terbatas didalam pot akan diserap juga oleh gulma tersebut.

Selain itu penyiangan terhadap gulma merupakan salah satu upaya untuk mencegah serangan hama dan parasit yang kemungkinan bisa menyerang tanaman bunga wijaya kusuma. Jika terdapat hama atau penyakit yang menyerang tanaman bunga wijaya kusuma pada saat kita mencabut tanaman liar atau gulma, maka untuk mengatasi hama dan penyakit ini, kita dapat langsung memberikan fungisida maupun insektisida dengan dosis yang tepat dan segera membersihkan tanaman bunga wijaya kusuma yang sudah terserang penyakit supaya tidak menular ketanaman lainnya.

  • Penggantian Pot

Tempat media tanam berupa pot sebaiknya dilakukan penggantian pot setiap 6 bulan sekali supaya pertumbuhan bunga wijaya kusuma menjadi lebih optimal.

Menaman bunga wijaya kusuma dengan stek

Seperti sudah kita ulas diatas bahwa pembibitan bunga wijaya kusuma dapat dilakukan dengan pemisahan rumpun bibit dengan rumpun akar dan dapat juga dengan menggunakan metode stek daun. Berikut akan diberikan penjelasannya cara menanam bunga wijaya kusuma dengan tehnik stek daun dari pemilihan bibit hingga penanamannya :

1.     Pemilihan bibit

Bibit yang kita pilih adalah daun dari tanaman bunga wijaya kusuma yang sehat dan segar, terlihat dari warna daunnya hijau terang dan tidak terserang oleh hama maupun penyakit. Kemudian potong daun dengan menggunakan pisau steril kira kira 5 cm dan oleskan hormon penumbuh akar pada pangkal daun yang sudah kita potong tadi. Letakkan potongan daun tadi ditempat yang teduh selama 7-10 hari supaya daun menjadi kaku tetapi tidak kering.

2.     Proses penanaman bibit

Persiapkan tempat media tanam dengan menggunakan pot berukuran sedang, dengan diameter antara 10-20 cm. Media tanam dapat kita isi dengan campuran antara pasir, humus dan pupuk kandang dengan perbandingan 3:2:1:1. Kemudian kita dapat menanam bibit yang sudah disimpan selama 7-10 hari kedalam media tanam atau kedalam pot, dengan kedalaman kira kira 5 cm dan sisakan sedikit daunnya di permukaan media tanam.

3.     Tahap perawatannya

Setelah selesai melakukan proses penanaman bibit, sebaiknya kita tidak langsung menyiramnya dengan air, akan tetapi sebaiknya kita biarkan dahulu selama beberapa waktu, kira kira dibiarkan dahulu dalam waktu 10 hari. Setelah itu, kita dapat melakukan proses penyiraman, dan penyiraman sebaiknya dilakukan 1 minggu sekali. Tanaman bunga wijaya kusuma ini tidak terlalu membutuhkan banyak air seperti halnya dengan tanaman jenin kaktus lainnya, sehingga kita dapat meningkatkan frekuensi penyiramannya pada saat memasuki musim kemarau yaitu sebanyak 2 kali sehari.

4.     Peletakan bibit yang tepat

Bibit stek yang baru kita tanam sebaiknya kita letakkan ditempat yang teduh, namun tetap harus terkena sinar matahari. Kita dapat memberikan perlindungan atau penutup berupa plastik bening supaya sinar matahari tidak secara langsung mengenai bibit stek. Penutup berupa plastik bening ini berfungsi agar intensitas cahaya matahari yang mengenai bibit stek hanya 50 % saja dan bahkan kalau bisa lebih kecil dari 50 %.

5.     Proses pemindahan tanaman

Setelah bibit stek yang kita tanam sudah berumur kurang lebih 2 bulan maka kita dapat memindahkan bibit stek  ketempat yang dapat terkena sinar matahari secara langsung. Dengan intensitas sebanyak kira kira 50 %  – 70 % dari total cahaya sinar matahari yang mengenainya secara langsung. Proses pemindahan tanaman atau bibit stek ini dapat kita lakukan secara bertahap supaya tanaman bunga wijaya kusuma tidak terserang oleh penyakit.

6.     Proses perawatannya

Jika kita telah melakukan proses perawatan dengan benar, sesuai dengan yang sudah dibahas diatas maka tanaman bunga wijaya kusuma akan dapat tumbuh dengan subur dan cepat berbunga. Selain itu tanaman bunga wijaya kusuma harus mendapatkan sinar matahari yang cukup serta ditempatkan dilokasi yang mempunyai perputaran udara yang bagus sehingga pertumbuhan dari tanaman bunga wijaya kusuma akan menjadi maksimal.

Demikian pembahasan kali ini tentang cara menanam bunga wijaya kusuma supaya cepat berbunga. Semuanya, sudah kita kupas satu persatu dari mulai pemilihan bibit, tehnik pembibitan, perawatan maupun proses menanamnya. Semoga bermanfaat.