Cara menanam cabe cepat berbuah

cara menanam cabe

 

Cara menanam cabe, baik cabe rawit maupun cabe merah merupakan salah satu komoditas hortikultura yang mempunyai nilai ekonomi cukup tinggi. Tanaman cabe ini banyak ditanam oleh petani di daerah dataran rendah maupun daerah dataran tinggi, namun demikian pada saat musim hujan, budidaya tanaman cabe ini lebih berisiko, karena tanaman cabe tidak bisa bertahan dengan kondisi cuaca hujan yang terus menerus. Perlu kita ketahui bersama, bahwa kebutuhan cabe di Indonesia ini cukup tinggi dan terus meningkat dari waktu ke waktu. Coba kita perhatikan, bahwa hampir setiap rumah tangga, warung makan maupun restoran, pasti akan kita jumpai yang namanya sambal yang digunakan sebagai penambah selera makan. Oleh sebab itu, dengan kondisi ini, maka perlu dibudidayakan cara menanam cabe di lahan rumah kita sendiri. Dengan tujuan, supaya setiap rumah tangga dapat memenuhi kebutuhan cabe secara mandiri. Selain itu,  ibu rumah tangga bisa berhemat uang belanja dalam memenuhi kebutuhan dapurnya khususnya untuk cabe, apalagi jika harga cabe masih mahal. Untuk mendukung memenuhi kebutuhan cabe secara mandiri ini, maka perlu belajar bagaimana cara menanam cabe di lahan rumah supaya tanaman cabe bisa tumbuh subur dan berbuah banyak serta dapat bertahan lama.

Menurut balai penelitian tanaman sayuran, telah memperkirakan bahwa kebutuhan cabai merah di Indonesia sebanyak 720.000 s/d 840.000 ton/ ha. Untuk produksi nasional dengan luas lahan 126.790 ha telah memperoleh hasil produksi sebanyak 1.061.428 ton/ ha. Dengan kondisi ini sebetulnya sudah mencukupi kebutuhan cabe tahunan secara nasional, namun demikian ibu rumah tangga pernah menjerit karena harga cabe pernah melonjak cukup tinggi, sehingga membuat ibu rumah tangga banyak yang kesulitan untuk membeli cabe dengan kondisi seperti ini. Mengapa harga cabe bisa sampai melambung tinggi? Ini disebabkan karena terjadinya fluktuasi produksi yang berimbas terjadinya inflasi.

Baca juga : Cara menanam cabe merah keriting supaya panen bagus

Tanaman cabe merupakan jenis tanaman yang bisa tumbuh dimana saja, dan tanaman cabe ini termasuk kedalam family Solanacearum, sehingga tanaman cabe tidak memerlukan banyak syarat untuk bisa tumbuh, yang terpenting pengairannya cukup dan rutin. Namun demikian supaya tanaman cabe dapat tumbuh subur dan dapat berbuah banyak, perlu dipelajari teknik menanam cabe yang tepat.

Cara menanam cabe supaya tanaman cabe dapat tumbuh subur dan berbuah banyak, maka dapat dilakukan dengan cara sebagai berikut :

  1. Asupan air dan nutrisi

Banyak orang beranggapan bahwa dalam menanam cabe, jika tanaman cabe sudah tumbuh subur dan sudah tampak akan berbuah maka tugas pekerjaan menanam cabe kita sudah selesai. Ternyata anggapan ini tidak benar, karena justru pada saat tanaman cabe akan berbuah maka seharusnya kita melakukan perhatian lebih, dalam hal asupan air maupun nutrisinya. Mengapa demikian? Karena tanaman cabe yang kekurangan asupan air maupun nutrisi maka bakal buah akan rontok dan cabangnya akan layu, dan untuk memenuhi nutrisi dan mengatasi penyakit tanaman cabe dapat diberikan pupuk organik seperti SUPERNASA, POC NASA, sedangkan untuk memperbanyak buah tanaman cabe dapat diberikan Power Nutrition.

  1. Kombinasi pupuk organik dan pupuk anorganik

Kondisi tanaman cabe yang baik terlihat dari tanaman cabe yang subur, berbunga dan berbuah lebat. Dan untuk mendapatkan kondisi demikian, maka diperlukan pemeliharaan dengan memberikan pemupukan. Pemupukan yang dianjurkan dapat menggunakan kombinasi antara pupuk organik dan pupuk anorganik.

Pemupukan yang dianjurkan : pemupukan Makro (pupuk Urea, ZA dan KCL)

Untuk usia tanaman 1-4 minggu, dosis yang digunakan adalah :

Urea =  10 sendok makan

ZA   = 10 sendok makan

Kcl  = 10 sendok makan

Power Nutrition = 5-10 sendok makan

Setelah kita mengetahui bagaimana cara menanam cabe di halaman rumah dan bagaimana cara merawatnya supaya tanaman cabe bisa tumbuh subur dan berbuah banyak, maka kita harus mengetahui apa saja tahapan yang harus dipersiapkan untuk menanam cabe di halaman rumah kita.

Dalam persiapan menanam cabe di halaman rumah, maka diperlukan pemilihan benih, penyemaian dan penanaman. Ada 3  tahapan yang harus dikerjakan dalam proses penanam cabe dan dapat kita pelajari. Untuk mendapatkan kualitas tanaman cabe yang baik, maka diperlukan pemilihan benih dan penyemaian yang benar supaya benih cabe yang akan ditanam mempunyai kualitas baik.

Untuk memulai memulai melakukan penanaman cabe di halaman rumah, maka dibutuhkan bahan bahan seperti :

Bibit cabe, media tanam, pot berlubang, semprotan tanaman, sekop kecil, sarung tangan dan pupuk.

Setelah bahan bahan yang kita butuhkan tersedia, kita bisa memulai menanam cabe di halaman rumah kita. Cara menanam cabe dan langkah selanjutnya yang harus diperhatikan :

  1. Siapkan Pot berlubang

Pot tanaman

Sebelum mengisi pot dengan media tanam maka perlu dilakukan pengecekan terlebih dahulu terhadap kondisi pot dan gunakan pot yang mempunyai ukuran besar supaya pertumbuhan cabe dapat optimal. Pastikan pot berlubang dibagian bawahnya karena lubang dibawah pot ini sangat penting sekali, berfungsi sebagai sistem drainase, sehingga air dapat keluar dari pot untuk mencegah terjadinya pembusukan. Kemudian isilah pot dengan media tanam sampai penuh dengan batas 5 – 10 cm dari bibir pot.

  1. Sebarkan bibit cabe

Bibit cabe

Setelah pot sudah terisi dengan media tanam sesuai dengan yang disarankan maka sebarkan bibit cabe diatas media tanam tersebut dengan jarak antara 5 – 10 cm. Jarak tersebut diperlukan supaya pertumbuhan cabe dapat lebih optimal. Setelah bibit cabe selesai kita sebarkan, maka langkah selanjutnya adalah dengan menaburkan media tanam sedikit saja atau tipis tipis saja diatas bibit tadi.

  1. Basahi bibit cabe dengan air bersih

Alat semprot tanaman

Setelah selesai melakukan menabur bibit cabe maka siram atau basahi bibit cabe dengan cara menggunakan semprotan tanaman. Hal ini dilakukan supaya air tidak terlalu deras menimpa benih yang sudah kita sebarkan, dan supaya tidak merubah posisi benih yang sudah kita tentukan jaraknya.  Penyiraman air bersih ini sebaiknya dilakukan dua kali sehari yaitu pada pagi dan sore hari, supaya kelembabannya bisa terjaga dengan baik.

  1. Jangan terkena sinar matahari langsung

Bibit cabe, diteduhkan

Letakan pot ditempat yang teduh dan jangan terkena sinar matahari secara langsung, kemudian diatas pot tutup dengan karung goni basah atau plastik. Hal ini dilakukan untuk dapat menjaga kelembabannya, karena untuk proses pertumbuhan awal dari bibit cabe sangat membutuhkan kelembaban yang bagus.

  1. Pindahkan bibit cabe yang mulai tumbuh

Bibit cabe, mulai tumbuh

Biasanya bibit cabe akan mulai tumbuh daun daunnya setelah hari ke 4, kemudian langkah selanjutnya dengan memindahkan bibit cabe tersebut kedalam pot lain. Lakukanlah pemindahan bibit cabe tersebut secara hati hati supaya tidak merusak akarnya. Pot yang digunakan untuk memindahkan bibit cabe yang mulai tumbuh daunnya tersebut, sudah diisi dengan media tanam dengan ukuruan ¾ dari ukuran pot. Setelah selesai memindahkan bibit tersebut tambahkan tanah disekelilingnya dan lakukan penyiraman dengan menggunakan semprotan tanaman, sehari dua kali pada pagi dan sore hari.

Ada beberapa tip yang perlu kita ketahui dalam menanam cabe di lahan rumah, supaya usaha menanam cabe kita dapat berhasil dengan tanaman cabe yang tumbuh subur dan dapat berbuah banyak.

Cara menanam cabe dan beberapa tip yang disarankan yang disarankan :

Pada saat penanaman bibit dan pemindahan bibit sebaiknya dilakukan sebelum jam 9 pagi atau setelah jam 4 sore, supaya tanaman tidak stress akibat proses pemindahan media tanam dan suhu udara.

Sebaiknya menggunakan media tanam pada saat penanaman awal yang sudah dilengkapi dengan sekam dan pupuk kompos, untuk nutrisi awal bagi tanaman.

Setiap bulan sebaiknya memberikan tambahan pupuk supaya dapat menjaga kondisi kesuburan tanah, dan sebaiknya gunakan pupuk organik atau pupuk khusus untuk buah supaya pertumbuhannya lebih optimal.

Demikianlah cara menanam cabe di halaman rumah berikut perawatannya, sehingga kita dapat madiri dalam memenuhi kebutuhan cabe untuk dapur kita. Jika penanaman cabe di halaman rumah kita disertai dengan perawatan yang tepat, baik dalam hal penyiraman, pemberian pupuk maupun penyemprotan fungisida maka tanaman cabe kita akan dapat bertahan lama. Selamat mencoba dan selamat menikmati panen cabe dibulan ketiga setelah penanaman.