Cara menanam kemangi supaya daunnya lebat

cara menanam kemangi

 

Bagaimana cara menanam kemangi dan bagaimana cara membudidayakan kemangi supaya tanaman kemangi dapat tumbuh subur dan menghasilkan daun yang lebat. Hal ini akan kita bahas dalam artikel berikut dan diharapkan ulasan artikel ini bisa digunakan sebagai pedoman untuk yang berminat menanam kemangi.

Kemangi merupakan salah satu jenis tanaman yang daunnya yang sering digunakan untuk lalapan yang biasanya  ditemani dengan lalapan lainnya seperti mentimun, kacang panjang maupun kole. Jika kita menyukai ikan bakar dan ayam goreng pasti akan disajikan dengan ketiga lalapan tersebut diatas. Daun kemangi juga dapat digunakan sebagai campuran masakkan seperti masakan lodeh bongkrek, sehingga masakan tersebut mempunyai cita rasa yang lebih nikmat. Hal ini disebabkan karena ada aroma daun kemangi yang khas.

Aroma dari daun kemangi yang khas tersebut dihasilkan oleh kandungan sitrat tinggi pada daun maupun bunga dari tanaman kemangi, sehingga banyak orang yang ingin menanam kemangi sendiri di rumah untuk tujuan dikonsumsi sendiri dan untuk dapat membuat pekarangan rumah menjadi lebih asri. Namun demikian ada juga petani yang membudidayakan tanaman kemangi untuk tujuan bisnis sebagai penghasilan tambahan dari bisnis mereka.

Baca juga : Cara menanam selada di pot, panen bagus

Cara menanam kemangi di Lahan

menanam kemangi di lahan

Sebelum kita bahas cara menanam kemangi dilahan sebaiknya kita mengetahui terlebih dahulu dimana tanaman kemangi bisa ditanam. Tanaman kemangi sangat menyukai jenis tanah yang padat dan mempunyai drainase yang bagus supaya tidak membuat tanaman kemangi menjadi membusuk dan akhirnya bisa mati kalau sampai terjadi air menggenang akibat drainase yang buruk.

Jika kita mempunyai lahan dan berniat untuk membudidayakan tanaman kemangi dengan tujuan bisnis maka kita dapat mengikuti tahap tahap cara menanam tananam kemangi dengan benar yaitu dari pemilihan bibit kemangi, pengolahan lahan sampai ke perawatanan tanaman kemangi, supaya tanaman kemangi dapat tumbuh dengan subur dan optimal serta menghasilkan panen yang bagus. Berikut tahap tahap yang dapat kita lakukan tentang cara menanam kemangi di lahan :

1. Pemilihan bibit kemangi

Seperti biasanya sebelum proses menanam kemangi dimulai maka kita terlebih dahulu harus memilih bibit kemangi yang berkualitas bagus, supaya tanaman kemangi dapat tumbuh optimal. Bibit tanaman kemangi mudah rusak selama proses menanam sehingga banyak petani yang lebih memilih menanam kemangi dengan menggunakan biji. Bibit kemangi dapat kita beli di toko pertanian yang sudah mempunyai review yang bagus di masyarakat, dan sebelum bibit kemangi disemai maka sebaiknya bibit kemangi direndam terlebih dahulu kedalam air hangat selama 1 hari, setelah itu jemur bibit kemangi sampai kondisinya kering.

2. Pengolahan Lahan

Setelah bibit kemangi kita semai maka langkah selanjutnya adalah kita persiapkan lahan dengan cara pengolahan lahan dan lahan kita gemburkan terlebih dahulu dengan cara di cangkul atau di bajak. Seperti biasanya pada saat melakukan penggemburan tanah maka sekaligus kita dapat melakukan pembersihan tanaman liar dan gulma secara bersamaan.

Setelah tanah menjadi gembur maka buatlah bedengan dengan tinggi 30 cm, lebar 100 cm dan dengan jarak antar bedengan satu dengan bedengan yang lainnya kira kira 30 – 40 cm. Jarak antar bedengan tersebut sangat berguna untuk mempermudah drainase. Setelah itu taburkan pupuk kandang diatas lahan, pupuk ini dipergunakan sebagai pupuk dasar dan lakukan penyiraman secara rutin supaya kelembaban tanah tetap terjaga.

3. Penyemaian Bibit Kemangi

Kita dapat melakukan penyemaian biji kemangi dengan cara menaburkan biji kemangi kedalam media semai, kemudian tutup tipis tipis dengan tanah. Setelah itu semprotkan air secara hati hati kedalam media semai dan lakukanlah penyiraman secara rutin setiap pagi dan sore hari sampai bibit kemangi tumbuh tangkai daunnya sebanyak 3 – 4 helai daun.

4. Memindahkan Bibit Kemangi

Setelah pengolahan lahan sudah selesai kita lakukan maka buatlah lubang kira kira sedalam 5 cm, kemudian pindahkan bibit kemangi dari media semai ke dalam lubang yang sudah kita buat tadi secara hati hati supaya tidak merusak akar kemangi. Cara mencabut kemangi dari media semai supaya dapat kita lakukan dengan mudah maka kita dapat menyiram media semai dengan air terlebih dahulu.

Setelah selesai melakukan pemindahan bibit kemangi dari media semai ke dalam media tanam di lahan maka selanjutnya tutup kembali lubang tersebut dengan tanah sambil dipadatkan sampai ke pangkal tanaman kemangi, kemudian siram media tanam dengan air untuk dapat menjaga kondisi tanah tetap lembab.

5. Perawatan Tanaman Kemangi

Setelah selesai proses menanam kemangi maka tahap selanjutnya adalah melakukan perawatan terhadap tanaman kemangi. Perawatan terhadap tanaman kemangi sangat diperlukan supaya proses pertumbuhannya bisa lebih optimal. Berikut beberapa perawatan yang harus kita lakukan dalam menanam kemangi di lahan :

  • Penyiraman

Penyiraman terhadap tanaman kemangi dapat kita lakukan secara rutin sebanyak 2 kali sehari yaitu setiap pagi dan sore hari. Kondisi penyiraman ini dilakukan jika pada musim kemarau. Namun demikian, jika pada musim hujan maka penyiraman dapat kita lakukan apabila kondisi tanah sudah mulai kering. Pada saat musim hujan, kita harus lebih memperhatikan kondisi lahan supaya tidak terjadi genangan air karena air yang menggenang dapat menyebabkan tanaman kemangi membusuk dan mati.

  • Penyiangan gulma

Setelah tanaman kemangi berumur 1 minggu sejak masa tanam maka kita dapat melakukan penyiangan dengan cara membersihkan gulma yang tumbuh disekitar tanaman kemangi. Karena gulma yang tumbuh disekitar tanaman kemangi akan merampas nutrisi yang dibutuhkan oleh tanaman kemangi, dengan kondisi lahan yang bersih dari gulma maka akan membuat pertumbuhan tanaman kemangi menjadi lebih optimal.

  • Pemangkasan

Pemangkasan terhadap tanaman kemangi dapat kita lakukan jika kita menemukan tangkai daun atau batang kemangi yang terserang oleh penyakit. Pemangkasan ini kita lakukan dengan tujuan supaya hama dan penyakit tidak akan menyebar ke tanaman kemangi lainnya.

Pemangkasan terhadap tanaman kemangi selain dilakukan pada daun atau batang maka kita juga dapat melakukan pemangkasan terhadap bunga kemangi. Hal ini kita lakukan supaya  tanaman kemangi dapat tumbuh dengan lebat

  • Pemupukan susulan

Pemupukan susulan dapat kita lakukan untuk dapat menjaga pertumbuhan tanaman kemangi tetap terjaga dengan baik. Kapan kita dapat melakukan pemupukan susulan? Pemupukan susulan dapat kita lakukan setelah tanaman kemangi berusia 1 bulan setelah masa tanam. Pupuk yang kita gunakan adalah pupuk kandang dan cara penggunaan pupuk susulan ini yaitu dengan menaburkan pupuk kandang di sekitar tanaman kemangi.

  • Penyulaman

Penyulaman dapat kita lakukan pada saat tanaman kemangi berusia 1 minggu setelah masa tanam. Proses penyulaman dapat kita lakukan dengan cara mengganti bibit kemangi baru apabila ada bibit kemangi yang mati atau gagal tumbuh.

6. Pemanenan Daun Kemangi

Pemanenan daun kemangi dapat kita lakukan setelah tanaman kemangi berusia 50 hari sejak masa tanam. Cara memanen kemangi yaitu dengan memotong tunas kemangi menggunakan gunting dan cara memanen kemangi ini hampir sama dengan cara memanen daun teh. Dalam memanen kemangi sebaiknya dilakukan pada saat daun kemangi belum berbunga, hal ini dilakukan supaya tidak mengurangi kualitas dari daun kemangi.

Cara menanam kemangi di dalam Pot

Apabila kita tidak mempunyai lahan yang luas maka kita dapat menggunakan cara menanam dengan menggunakan media pot, dan kita dapat mencoba sendiri dirumah. Dengan menanam kemangi di dalam pot maka solusi kita yang ingin menanam kemangi tetapi tidak mempunyai lahan terselesaikan dan kita dapat menikmati halaman yang sejuk dengan menanam kemangi di dalam pot. Selain itu kemangi juga dapat kita manfaatkan untuk kebutuhan lalapan sendiri untuk keluarga tanpa harus membeli di pasar, sehingga dapat menghemat biaya pengeluaran. Selain itu  kemangi juga dapat dimanfaatkan sebagai obat herbal. Berikut tahapan menanam kemangi di dalam pot yang dapat kita pelajari:

1. Pemilihan bibit

Sebelum menanam kemangi baik cara menanam kemangi di lahan maupun cara menanam kemangi di dalam pot maka pemilihan bibit yang berkualitas adalah syarat mutlak yang harus kita lakukan, supaya tanaman kemangi dapat tumbuh dengan subur dan menghasilkan panen bagus. Cara mendapatkan bibit kemangi yang berkualitas, kita dapat membelinya di toko pertanian dan kita harus memastikan bahwa bungkus bibit dalam kondisi tidak rusak.

2. Penyemaian Bibit

Penyemaian bibit kemangi dapat menggunakan polybag kecil maupun baskom yang akan kita isi dengan media semai, Media semai dapat kita buat sendiri yaitu terdiri dari campuran tanah dan pupuk kandang dengan perbandingan 1 : 1, setelah itu siram media semai dengan air secara rutin setiap pagi dan sore hari supaya kondisi medai semai tetap lembab.

3. Media Pot

Karena kita akan menanam di pot maka kita harus menyiapkan pot dengan ukuran yang tidak terlalu besar dan juga tidak terlalu kecil. Kita harus memastikan bahwa pot yang akan kita gunakan untuk menanam kemangi, mempunyai lubang di bagian bawah pot. Lubang yang ada di bagian bawah pot ini berfungsi sebagai drainase supaya tidak terjadi genangan air jika kita melakukan penyiraman.

Media pot yang sudah kita persiapkan bagian dasarnya bisa diisi dengan batu batu kecil atau pecahan genting, kemudian dilanjutkan dengan mengisi pot dengan campuran antara tanah dan pupuk halus dengan perbandingan 2:1. Setelah itu buatlah lubang dengan kedalaman kira kira 5 cm yang nantinya akan digunakan untuk menanam bibit kemangi.

4. Proses Penanaman Daun Kemangi

Setelah media pot siap untuk menanam maka pindahkan bibit kemangi yang sudah tumbuh  tangkai daun dari media semai ke media tanam di pot tadi. Cara mencabut bibit kemangi harus dilakukan secara hati-hati supaya tidak merusak akar kemangi. Masukan bibit kemangi kedalam lubang yang kita buat tadi,  kemudian tutup kembali dengan tanah tipis tips saja. Setelah itu siram dengan menggunakan air supaya kondisi media tanam tetap lembab.

Mengenai perawatan dan pemanenan tanaman daun kemangi baik yang kita tanam di pot maupun yang kita tanam di lahan, keduanya tidak ada perbedaan sama sekali sehingga kita bisa membaca di uraian diatas mengenai perawatan dan pemanenan kemangi.

Manfaat daun kemangi bagi kesehatan

Karena kita sudah membahas cara menanam kemangi baik dengan cara menanam di lahan maupun dengan cara menanam di pot. Maka kita juga perlu mengetahui, apa saja manfaat daun kemangi untuk kesehatan kita. Berikut beberapa manfaat yang bisa kita peroleh dari daun kemangi :

·         Menjaga Kesehatan Jantung

Daun kemangi banyak mengandung betakaroten, magnesium dan mineral sehingga daun kemangi dapat menjaga kesehatan jantung kita.

·         Dapat meningkatkan selera makan

Aroma daun kemangi dapat meningkatkan selera makan kita. Daun kemangi dapat dikonsumsi dengan cara dicampur dalam karedok, pepesan, nasi ranggi maupun dimakan langsung sebagai lalapan pendamping ikan bakar dan ayam bakar maupun ayam goreng.

·         Menurunkan gula darah

Dengan mengkonsumsi daun kemangi secara rutin maka akan membantu sistem tubuh dalam mengontrol kadar gula darah supaya tetap seimbang. Cara mengkonsumsi kemangi dapat dimasak maupun dimakan langsung sebagai lalapan.

·         Menghilangkan Bau Badan dan Mulut

Apabila mengkonsumsi daun kemangi secara rutin maka dapat mengurangi dan bahkan dapat  menghilangkan bau badan dan bau mulut. Caranya dengan mengkonsumsi daun kemangi secara langsung sebagai lalapan atau bisa juga dibuat minuman.

·         Dapat mengobati flu

Kandungan kaya vitamin yang terdapat pada daun kemangi mempunyai banyak manfaat bagi kesehatan kita, diantaranya adalah dapat membantu penyembuhan sakit flu, diare dan perut kembung. Dengan mengkonsumsi daun kemangi secara berkala maka akan dapat menyembuhkan penyakit penyakit tersebut.

Demikianlah ulasan cara menanam daun kemangi supaya tanaman kemangi daunnya lebat, baik dengan cara menanam kemangi di lahan maupun dengan cara menanam kemangi di pot. Sekaligus kita dapat mempelajari cara pemilihan bibit kemangi yang berkualitas, cara perawatan, cara memanennya supaya tanaman kemangi dapat tumbuh subur, dan juga kita bahas sekilas tentang manfaat dari daun kemangi. Semoga artikel ini bermanfaat.