Cara menanam mangga supaya cepat berbuah

cara menanam mangga harumanis

 

Pada kesempatan ini saya akan membahas bagaimana cara menanam mangga supaya cepat berbuah. Buah mangga banyak disukai oleh masyarakat Indonesia, baik dengan dimakan langsung, dibuat jus mangga maupun dapat digunakan sebagai campuran rujak. Buah mangga mempunyai rasa yang manis, ada juga yang mempunyai rasa manis dan agak sedikit kecut segar, hal ini tergantung dari varietas buah mangga tersebut. Dalam membudidayakan tanaman mangga ini kita dapat mengambil buahnya untuk di konsumsi sendiri maupun untuk dapat kita jual sebagai tambahan penghasilan bagi keluarga.

Nama latin dari buah mangga adalah mangifera indica dan tanaman mangga ini berasal dari India. Oleh para penjelajah Eropa jaman dahulu akhirnya tanaman mangga ini bisa tersebar keseluruh dunia termasuk juga sampai ke Indonesia. Buah mangga merupakan salah satu buah yang masuk kedalam golongan kelompok drupe yang artinya buah yang terdapat biji dengan daging buahnya.

Supaya dalam menanam mangga kita dapat memanen buahnya secara optimal maka kita harus mengetahui syarat dimana tanaman mangga dapat kita tanam dengan baik sehingga tanaman mangga dapat tumbuh subur, cepat berbuah dan dapat berbuah banyak. (Baca juga : Cara menanam kelengkeng supaya cepat berbuah)

Syarat tumbuh tanaman mangga

Sebelum kita mulai memasuki tahap pembahasan tentang bagaimana cara menanam mangga yang benar, maka sebaiknya kita mengetahui terlebih dahulu syarat dimana tanaman mangga dapat kita tanam supaya tanaman mangga dapat tumbuh dengan baik. Berikut syarat tanaman mangga dapat tumbuh dengan baik dan dapat menghasikan buah yang berkualitas.

  • Tanah yang cocok untuk menanam mangga adalah tanah yang bercampur lempung, pasir dan tanah yang gembur, dimana ketiga jenis tanah tersebut harus seimbang.
  • Tanah dengan kandungan keasaman atau ph tanah sekitar 5,5-7,5 dan kita juga bisa melakukan pengkapuran pada media tanam utama terlebih dahulu apabila kandungan ph kurang dari 5 yaitu dengan menggunakan kapur dolomit.
  • Tempat terbaik untuk membudidayakan mangga adalah daerah dengan ketinggian 300-500 MDPL

Cara menanam mangga harumanis

Mangga harumanis merupakan salah satu jenis mangga yang paling digemari di masyarakat jika dibandingkan dengan jenis varietas mangga yang lainnya. Mangga harumanis rasanya manis segar, sehingga peminat mangga harumanis ini semakin hari semakin meningkat maka mangga harumanis dapat dijadikan sebagai peluang usaha yang cukup menjanjikan untuk dapat kita budidayakan dengan baik. Berikut cara menanam mangga harumanis :

1.Persiapan bibit mangga

Apabila kita ingin menanam mangga harumanis dari biji maka pilihlah biji mangga harumanis yang berasal dari tanaman mangga yang kondisinya kuat, sehat dan menghasilkan buah yang berkualitas bagus. Untuk memperoleh bibit mangga harumanis yang berkualitas bagus maka kita dapat membeli di toko pertanian terdekat atau kita dapat melakukan pembibitan sendiri. Untuk mendapatkan bibit mangga harumanis yang berkualitas bagus maka kita harus memperhatikan ciri ciri sebagai berikut :

  • Bibit mangga harumanis tidak bercabang serta memiliki batang utama yang tegak lurus.
  • Bibit mangga harumanis sehat dan tidak terserang hama dan penyakit
  • Bibit tidak layu dan terlihat segar dan subur

Jika kita ingin melakukan pembibitan buah mangga harumanis dengan biji maka pertama kali kita bersihkan biji mangga harumanis terlebih dahulu kemudian biji mangga harumanis kita keringkan dengan cara di angin anginkan, setelah itu buanglah kulitnya.

  • Persiapkanlah sebuah kotak dengan ukuran 100 x 50 x 20 cm kubik untuk tempat melakukan penyemaian biji mangga harumanis. Isi tempat semai tersebut dengan menggunakan media tanam berupa tanah kebun dan pupuk kendang dengan perbandingan 1:1
  • Tanamlah biji mangga harumanis tersebut dengan jarak 10 hingga 20 cm. Penyemain biji mangga harumanis dapat juga dilakukan di kebun dengan menggunakan jarak tanam sekitar 30 x 40 atau 40 x 40 cm dan penyemaian harus dilakukan pada permukaan tanah yang gembur.

2. Pengolahan lahan

Sebelum proses menanam mangga harumanis dilakukan maka kita harus mempersiapkan lahan terlebih dahulu, Pengolahan lahan dapat kita lakukan dengan cara menggemburkan tanah dengan di cangkul atau di bajak tanahnya dan sekaligus kita dapat membersihkan area lahan dari tanaman liar maupun gulma yang mengganggu.

Jika kondisi lahan tidak terlalu subur maka jarak tanam antara satu tanaman manga harumanis dengan yang lainnya sebaiknya agak rapat. Namun demikian jika kondisi lahan subur maka jarak antara satu tanaman mangga harumanis dengan lainnya sekitar 10 m.

Buatlah parit dengan lebar 40 cm karena parit berfungsi untuk mempermudah pengairan, apabila musim hujan datang, Pada tanah yang sudah kita gemburkan tadi, buatlah lubang tanam sedalam 100 cm dan tambahkan pupuk kandang sebanyak setengah dari kedalaman lubang yang kita buat tadi. Sebaiknya dalam pembuatan lubang dapat kita lakukan seminggu sebelum masa tanam supaya pupuk dapat terserap dengan sempurna oleh tanah.

3. Penanaman bibit

Dalam proses penanaman bibit mangga harumanis maka buatlah lubang lagi dengan ukuran kedalaman 30-40 cm dengan lebar 60 cm, kemudian lubang tersebut kita berikan fura sebanyak 10-25 gram. Ambilah bibit mangga harumanis yang ada di pollybag, gunting polybag hingga bagian bawah dan masukkan bibit mangga harumanis kedalam tanah, kemudian tutup lagi dengan tanah dan padatkan.

Pasanglah penyangga yang terbuat dari kayu untuk menyangga  bibit mangga yang baru kita tanam dan untuk melindungi dari terpaan angin yang kuat sampai tanaman bibit mangga harumanis dapat berdiri dengan kokoh. Setelah proses penanaman bibit mangga harumanis selesai kita lakukan maka siramlah dengan air untuk menjaga kelembaban tanah tetap terjaga.

4. Perawatan tanaman mangga

Setelah proses menanam bibit mangga harusmanis selesai kita lakukan, langkah selanjutnya adalah melakukan perawatan yang tepat terhadap tanaman mangga harumanis. Perawatan tanaman mangga harumanis perlu dilakukan supaya dapat merangsang pertumbuhan dan pembuahan menjadi lebih optimal. Berikut beberapa perawatan yang paling tepat dalam menanam mangga harumanis ::

  • Penyiraman

Kita dapat melakukan penyiraman terhadap tanaman mangga harumanis sebanyak 2 kali dalam 1 minggu. jika pada musim kemarau. Pada saat musim hujan kita harus selalu memperhatikan kondisi parit supaya parit tetap dalam kondisi dapat dialiri oleh air dengan lancar sehingga tidak akan terjadi genangan air.

  • Penggemburan susulan

Seperti sudah kita bahas diatas bahwa penggemburan tanah pertama dilakukan pada saat pengolahan lahan. Kemudian dapat diikuti dengan penggemburan susulan dengan tujuan supaya dapat membantu akar cepat tumbuh dengan kuat. Penggemburan susulan ini dapat kita lakukan setelah tanaman mangga harumanis berumur 1 bulan sejak masa tanam atau jika kita melihat kondisi tanah sudah mulai terlihat padat karena proses penyiraman.

  • Penyiangan gulma

Proses penyiangan kedua dapat kita lakukan terhadap tanaman liar atau gulma yang tumbuh disekitar tanaman mangga setelah tanaman mangga berusia 1 bulan setelah masa tanam yaitu dengan cara mencabut tanaman liar dan membuang tanaman yang terserang hama atau penyakit supaya tidak menular ke tanaman mangga harumanis lainnya. Tujuan dari penyiangan ini adalah supaya nutrisi yang terkandung didalam tanah dapat diserap sempurna oleh tanaman mangga sehingga tanaman mangga dapat tumbuh lebih optimal.

  • Pemangkasan Tunas

Pemangkasan tunas dapat kita lakukan terhadap tanaman mangga harumanis, supaya dapat meningkatkan produksi buahnya menjadi lebih baik. Dalam 1 batang terdapat tunas lebih dari 3-4 maka kita dapat memangkasnya dan sisakan tunasnya 3-4 saja.

Pilihlah tunas yang mempunyai tinggi sama dan antar tunas berada pada sisi batang yang berbeda. Tunas sebaiknya dirawat selama 1 tahun sampai tumbuh tunas baru pada batang tersebut. Selanjutnya pemangkasan kedua dapat kita lakukan lagi terhadap tanaman mangga harumanis dan sisakan hanya 2-3 tunas saja. Demikian juga pada saat memasuki tahun ketiga lakukan hal yang sama dengan melakukan pemangkasan lagi seperti yang sudah kita lakukan di tahun kedua. Pemangkasan secara rutin terhadap tanaman mangga harumanis sangat dianjurkan supaya tidak terlalu banyak tunas yang dapat menghambat pertumbuhan tunas utamanya.

  • Pemupukan

Pemupukan terhadap tanaman mangga harumanis dapat kita berikan sebulan sekali dengan menggunakan pupuk kandang atau pupuk NPK sebanyak 30 gram untuk setiap batang pohonnya. Pemupukan ini diperlukan untuk merangsang pertumbuhan tanaman mangga harumanis serta untuk merangsang pembuahannya.

  • Pengendalian hama dan penyakit

Pengendalian terhadap hama dan penyakit yang mungkin akan menyerang tanaman mangga harumanis, harus kita perhatikan dengan baik, supaya tanaman mangga kita tetap dalam kondisi sehat dan tumbuh dengan baik. Untuk mencegah hama dan penyakit yang dapat menyerang tanaman mangga harumanis maka kita dapat menyemprotkan pestisida secara rutin setiap bulan dengan dosis sesuai yang tertera di tabel.

5. Pemanenan mangga harumanis

Kita sudah dapat melakukan pemanenan mangga harumanis setelah tanaman mangga harumanis berusia 2 tahun setelah masa tanam. Tanaman mangga merupakan salah satu jenis buah musiman sehingga tanaman mangga akan berbuah setahun sekali, apabila tanaman mangga harumanis kita sudah mulai berbuah maka kita dapat membungkus buah dengan menggunakan plastik. Hal ini kita lakukan sedini mungkin supaya buah mangga  terhindar dari serangan hama.

Cara pemanenan mangga harumanis dapat dilakukan dengan menggunakan pisau atau gunting yang bersih. Kemudian sortir buah mangga sesuai ukuran buahnya dan hasil panen mangga harumanis dapat kita simpan ditempat yang sejuk.  Tahap selanjutnya kita melakukan proses pematangan mangga harumanis yang baru kita panen tadi dan untuk selanjutnya kita dapat menjual buah mangga harumanis di pasar.

Manfaat mangga untuk kesehatan

Setelah kita bahas bagaimana cara menanam mangga harumanis supaya mangga harumanis dapat cepat berbuah dari mulai  pemilihan benih yang berkualitas sampai dengan proses panennya, maka kita juga perlu mengetahui apa saja manfaat dari buah mangga bagi kesehatan tubuh kita. Berikut manfaat buah mangga untuk kesehatan tubuh kita :

  • Menurunkan kolesterol

Kandungan buah mangga yang kaya akan vitamin C dan serat, akan sangat berguna untuk membantu menurunkan kadar koleterol dalam tubuh.

  • Mencegah kanker

Kandungan antioksidan yang terdapat didalam buah mangga seperti astragalin, quercetin methylgallat, dimanan kandungan antioksidan ini dapat mencegah pertumbuhan berbagai macam jenis kanker dalam tubuh.

  • Menjaga kesehatan mata

Kandungan vitamin A yang terdapat didalam buah mangga tersebut dapat menjegah penyakit mata seperti rabun jauh dan iritasi pada mata.

Demikianlah beberapa manfaat buah mangga yang sangat berguna bagi kesehatan tubuh kita dan ulasan tentang cara menanam buah mangga yang benar, yang dapat kita pelajari dan dapat kita gunakan sebagai pedoman dalam menanam buah mangga di rumah. Semoga ulasan saya kali ini dapat memberikan manfaat bagi kita yang mempunyai hobi bercocok tanam.